Pesan Gizi Seimbang untuk Ibu Menyusui


Pesan gizi seimbang untuk ibu menyusui tidak jauh berbeda dengan ibu hamil. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengkonsumsi anekaragam pangan yang aman dan sehat. Penganekaragaman pangan bertujuan agar ASI mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Asupan zat gizi yang seimbang membuat kualitas ASI meningkatan. Kebutuhan kalori umur 0-6 bulan hanya berasal dari ASI. Konsumsi sumber energi/kalori bagi ibu hamil kurang dari kecukupan mengakibatkan asupan kalori bayi juga berkurang. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan konsumsi anekaragam pangan agar kebutuhan kalori bayi, dapat terpenuhi.

Protein merupakan komponen yang sangat penting di dalam ASI. Asupan protein juga harus diimbangi dengan asupan zat gizi makro dan mikro lainnya agar protein yang dibutuhkan oleh bayi dalam bentuk ASI dapat terpenuhi. Misalkan asupan karbohidrat dan lemak pada ibu menyusui tidak seimbang, proteinlah yang digunakan tubuh sebagai sumber energi bagi ibu, sehingga komposisi protein dalam ASI semakin berkurang.

Berikut kebutuhan zat gizi bagi Ibu menyusui.

Ibu menyusui membutuhkan asupan makanan yang lebih beragam. Baik itu lauk makanan pokok, lauk pauk sumber protein, sayur, dan buah. Akan tetapi ada minuman tertentu yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu menyusui.

Salah satunya yaitu membatasi minuman yang mengandung kafein. Pada umumnya orang tidak akan mengalami masalah kesehatan jika minum kopi atau minuman berkafein satu cangkir perhari, akan tetapi berbeda dengan ibu menyusui. Kafein yang dikonsumsi ibu diserap oleh tubuh dan bercampur ke dalam kandungan ASI. Sistem metabolisme bayi belum siap menyerap kafein sehingga konsumsi kafein akan menyebabkan masalah pada bayi.

Berbeda dengan kafein dalam minuman, air putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Orang biasa dianjurkan konsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari, sedangkan ibu menyusui sebanyak 3 liter per hari.  Konsumsi 3 liter air putih dapat membantu produksi ASI sebanyak 600-850 ml per hari.

Fredy Estofany

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.