Pesan Gizi Seimbang untuk Anak 6-24 Bulan



Berikan ASI sampai anak berumur 2 tahun adalah pesan gizi seimbang yang akan kita bahas kali ini. Anak dalam usia ini sebenarnya  sudah dikenalkan pada MP-ASI (#Day20), akan tetapi asupan dari ASI juga tetap harus dilanjutkan. ASI masih memiliki banyak manfaat bagi anak seperti meningkatkan immunitas dan mempererat hubungan emosional antara ibu dan anak.

Pemberian ASI sangat tepat untuk anak. Kandungan di dalamnya berguna untuk meningkatkan daya tahan anak. Selain itu, pemberian ASI dapat menekan penggunaan dot pada anak yang berdampak pada hambatan dan gangguan bicara dan risiko terjadi infeksi pada mulut.


Kebiasaan memberi ASI sampai usia 24 bulan juga akan memperkuat kedekatan ibu dan anak. Anak merasa mendapatkan kasih sayang ketika ibu memberikan ASI. Terjadi kontak batin ketika mulut anak dan kulit ibu bersentuhan secara langsung. Berdasarkan penelitian mahasiswaUniversity of Wisconsin  didapatkan hasil bahwa mahasiswa yang sewaktu kecil diberi dot memiliki nilai lebih rendah pada tes empati dan kemampuan untuk mengevaluasi suasana hati orang lain.

Seiring dengan perkembangannya, anak membutuhkan lebih banyak zat gizi. Kandungan zat gizi ASI juga tidak mencukupi lagi bagi anak. Sebaiknya anak pada usia ini diberi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pemberian MP ASI memiliki banyak manfaat untuk anak. MP ASI merupakan cara paling baik untuk mengenalkan anak pada makanan biasa.

Pemberian MPASI sebaiknya mendapat perhatian khusus dari ibu. Sebaiknya MP ASI memenuhi zat gizi yang dibutuhkan bagi anak. Beberapa zat gizi yang wajib ada dalam MP ASI meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitami C, kalsium,  yodium, zink, zat besi dan asam folat.

Jenis MPASI sebaiknya disesuaikan dengan kondisi anak. Baik itu , aroma, rasa, tekstur, bentuk, maupun warnanya. MPASI yang bisa diberikan pada anak dapat berupa bubur susu, bubur buah, bubur marie buah, puree buah, bubur sayur, puree sayur.

Ibu sebaiknya belajar membuat MPASI yang menarik dan enak agar nafsu makan anak membaik. Salah satu MPASI yang mudah dibuat yaitu puree pepaya. Pertama, pepaya dikupas kemudian dilumatkan (100 gr pepaya). Kemudian, disaring dan dicampur dengan air matang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.