Biasakan Konsumsi Sayur dan Cukup Buah-buahan

Seiring dengan beragamnya makanan siap saji, muncul berbagai masalah terkait gizi dan kesehatan. Satu sisi masalah gizi kurang belum terselesaikan, di sisi lain muncul masalah gizi lebih seperti obesitas dan Penyakit Tidak Menular (PTM). PTM dikenal juga dengan penyakit degeneratif. Penyakit ini berkaitan dengan asupan berlebih yang tidak diimbangi asupan zat gizi mikro. Sebenarnya zat gizi tersebut sangat mudah ditemukan dalam bentuk sayuran dan buah-buahan.


Ada banyak manfaat dari kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buha-buahan bagi penderita PTM maupun orang sehat. Misalkan, orang obesitas dapat melakukan diet menurunkan berat badan dengan cara mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Begitu juga orang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menerapkan DASH diet untuk menurunkan tekanan sistolik. Diet ini merupakan diet kombinasi dengan anjuran konsumsi sayur dan buah sebanyak 4-5 porsi per hari.

Orang yang menderita kanker juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Kita semua pasti tahu kalau antioksidan banyak terdapat pada sayur dan buah. Selain antioksidan, sayur dan buah mengandung gula yang tidak berbahaya bagi penderita Diabetes Mellitus (DM). Jadi, tidak perlu heran, pemberian buah bagi penderita DM di rumah sakit mencapai 4 serving dalam satu hari.

Kasus lain yang sering kita temui, yaitu konstipasi atau susah Buang Air Besar (BAB). Cara paling efektif untuk melancarkan BAB bukan dengan minum larutan-larutan yang terpajang di warung atau obat pencahar, tetapi dengan mengkonsumsi asupan serat yang cukup. Asupan serat terbaik berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Sekedar informasi, kurangi kebiasaan meminum jus karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah akan berkurang. Kandungan zat gizi buah segar jauh lebih baik dibandingkan jus.

Mulai saat ini, kita bisa mencegah dan mengatasi PTM, serta melengkapi kebutuhan zat gizi dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Mari kita biasakan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencapai gizi seimbang.

Bengkulu, 3 Juni 2014
Fredy Estofany


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.