Biasakan Sarapan


Berlanjut ke pesan gizi seimbang berikutnya yaitu “biasakan sarapan”. Kebiasaan sarapan tidak dimiliki oleh semua orang. Ada orang yang setiap pagi mengawali aktivitas dengan sarapan, namun ada juga yang tidak terbiasa. Padahal sarapan sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Ada beberapa manfaat utama membiasakan sarapan. Perilaku sarapan yang beranekaragam dapat memasok energi ke dalam tubuh kita, sehingga dapat digunakan untuk beraktivitas. Sarapan yang teratur dapat membuar kadar gula darah terkontrol, dan  sarapan yang seimbang dapat meningkatkan konsentrasi kita.

Sarapan yang tepat waktu juga dapat mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan ideal. Melalui kebiasaan sarapan, nafsu makan kita dapat terkontrol. Kita akan terhindar dari kebiasaan makan dalam porsi besar pada siang hari. Kita juga dapat mengurangi kebiasan makanan cemilan. Kita juga sudah tahu kalau kebiasaan makanan cemilan dapat menyebabkan kegemukan (obesitas). Oleh karena itu sarapan merupakan kebiasaan yang paling tepat untuk menjaga berat badan.

Malang, 7 Juni 2014

Fredy Estofany

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.