Sukses Menjadi Ibu Menyusui adalah Cita-cita



Menyusui adalah suatu keputusan yang dibuat oleh ibu setelah  melahirkan bayi. Ketika ibu muda melahirkan anak pertamanya biasanya dengan status sedang bekerja. Memutuskan untuk tetap memberikan ASI eksklusif bagi bayinya merupakan hal yang sulit. Karena itu butuh dukungan untuk menjadi ibu yang sukses menyusui.

Kesuksesan itu dapat diwujudkan seorang ibu dimulai saat hamil, ibu sebaiknya mendapatkan penjelasan dari dokter dan tenaga kesehatan lain baik bidan mapun ahli gizi tentang menyusui dan ASI eksklusif.

Ibu juga sebaiknya mempersiapkan diri dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang. Hal lain yang harus dilakukan yaitu kontak kulit antara bayi dan ibu segera setah lahir selama minimal satu jam (Inisiasi Menyusui Dini).

Berusaha semaksimal mungkin untuk meyakinkan keluarga agar tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayi baru lahir kecuali indikasi medis.

Hal lain yang harus diupayakan yaitu bayi selalu berada dalam jangkauan ibu 24 jam sehari agar proses menyusui dapat dilakukan lama dan frekuensi menyusui lebih sering. Hal ini sangat penting agar bayi tidak diberikan dot/empeng.

Jakarta, 26 April 2019
Wilis Laksari Putri Adjie

Referensi : GKIA. 2016. 1001 Langah Selamatkan Ibu dan Anak. Jakarta: Pustaka Bunda
Sumber gambar: https://www.freepik.com/zilvergolf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.