Memulai Hidup Sehat dan Bugar Terhindaa dari Obesitas

Image by jcomp on Freepik


Kegemukan dan obesitas merupakan penumpukan lemak yang tidak normal atau berlebihan sehingga mengancam kesehatan. Indeks massa tubuh (BMI) lebih besar dari 25 dianggap kelebihan berat badan, dan indeks massa tubuh (BMI) lebih besar dari 30 dianggap obesitas.

Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO, pada tahun 2019, diperkirakan 5 juta kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) terjadi akibat BMI di atas optimal. Kelebihan berat badan dan obesitas terus meningkat pada orang dewasa dan anak-anak. 

Obesitas adalah salah satu aspek dari beban ganda malnutrisi, dimana saat ini lebih banyak orang yang mengalami obesitas dibandingkan kekurangan berat badan di semua wilayah kecuali  Asia Tenggara. Dulunya dianggap hanya menjadi masalah  di negara-negara berpendapatan tinggi,  beberapa negara berpendapatan menengah kini mempunyai prevalensi kelebihan berat badan dan obesitas tertinggi di  dunia.

Dampak obesitas yaitu Diabetes melitus, Penyakit Jantung Koroner, Stroke, Asma, penyakit paru, perlemakan hati, dan berbagai penyakit lainnya.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar hidup sehat dan bugar terhindar dari obesitas:

  1. Kuat kan misi dan visi. Tentukan target  Penurunan BB yg sehat sekitar 2–4 kg per bulan.   
  2. Jadwal  makan teratur
  3. Biasakan makan sesuai isi piringku 
  4. Cukup  minum air putih karena tanda dehidrasi terkadang menyerupai lapar.
  5. Tidur yang cukup. 
  6. Berolahraga secara rutin.
  7. Mengelola stres  karena stress dapat meningkatkan nafsu makan. 
Referensi: https://www.who.int/health-topics/obesity



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.